Cara Mudah Membuat Artikel Readmore dengan PHP

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
Teknik Readmore banyak digunakan untuk membatasi jumlah kata/kalimat yang akan ditampilkan. Tujuan penggunaan teknik ini sama halnya dengan pagination yaitu untuk mempercepat proses loading halaman karena tidak akan menampilkan keseluruhan isi artikel yang ada didatabase melainkan hanya beberapa kata saja. selain itu, penggunaan readmore ini juga sangat bermanfaat dalam hal manajemen layout halaman website. 

Artikel Readmore Umumnya digunakan pada halaman home sebuah website sehingga pada halaman tersebut dapat menampilkan beberapa data artikel yang ada pada tabel database. sedangkan link readmore berfungsi mengalihkan pengunjung untuk dapat membaca keseluruhan isi artikel yang ada. 

Cara Mudah Membuat Artikel Readmore dengan PHP
Untuk membuat Readmore semacam ini kita dapat memanfaatkan fungsi substr() yang telah disediakan oleh PHP. penggunaanya juga tidak begitu sulit kita hanya perlu mengirimkan tiga parameter pada fungsi ini seperti contoh berikut ini :

echo substr($artikel, 0, 300);

Coding diatas akan menampilkan data artikel hanya 300 kata saja. adapun penggunaan secara rinci dapat anda lihat pada coding berikut :
// Tampilkan Artikel
$display = mysql_query("SELECT * FROM coba");
while ($data=mysql_fetch_array($display)){ 
$coba = $data['isi'];
echo "<table><tr>";
// Ambil Text Saja Dari Isi Artikel di Database
$panjang = strip_tags(html_entity_decode($coba,ENT_QUOTES,"ISO-8859-1"));
// Jika Panjang Artikel >=300 
if (strlen($panjang) >= 300){
 echo "<td>".substr($panjang, 0, 300)."<a href='readmore.php?id=".$data['id']."'> Readmore</a></td>";
 } else {
 echo "<td>".$panjang."<a href='readmore.php?id=".$data['id']."'> Readmore</a></td>";
  }
echo "</tr><table>";
}

Sedangkan jika user mengklik link readmore akan dialihkan kesebuah file yang bernama readmore.php. adapun coding untuk file readmore ini sama dengan source code diatas hanya saja kita tidak perlu membatasi kata yang akan ditampilkan dengan fungsi substr(). Source code lengkap beserta database dapat anda download disini. Happy Coding :)
source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.