Cara Mudah Membuat Paginasi dengan PHP

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
Teknik Pagination atau membatasi jumlah data yang tampil dari database sangat bermanfaat agar proses loading website menjadi lebih ringan hal ini tentu saja karena sebuah halaman tidak meload keseluruhan data dari database. Coba deh bayangin jikalau data yang ada di database jumlahnya ribuan bahkan ratusan ribu tentu hal ini menjadi sebuah masalah tersendiri. layout tampilan halaman website tentu akan menjadi berantakan karena jumlah data yang tampil tidak dibatasi. 

Cara Mudah Membuat Paginasi dengan PHP
Mengingat hal tersebut diatas, perlu kiranya kita membuat paginasi untuk setiap data yang akan kita tampilkan. contoh paginasi dapat anda lihat pada gambar diatas (dalam kotak merah). Hal ini juga sangat menguntungkan karena kita dapat menentukan layout halaman website kita. 

Untuk contoh kali ini saya menggunakan source code projek sebelumnya (Insert, Update dan Delete) dapat anda lihat pada postingan sebelumnya disini. Dengan Source Code Projek Sebelumnya, kita hanya perlu memodifikasi dan menambahkan beberapa coding untuk membuat sebuah paginasi. 

Jika Pada contoh sebelumnya kita menampilkan data dengan query select * from data, maka untuk menerapkan sebuah paginasi kita perlu sedikit memodifikasinya menjadi seperti berikut 
//mencari banyak data yang ada dalam tabel  
$rsCount = mysql_fetch_array(mysql_query(select count(nama) from data));  
$banyakData = $rsCount[0];  
$page = isset($_GET['data']) ? $_GET['data'] : 1;

// Banyak Data Yang akan ditampilkan
$limit = 4;  
$mulai_dari = $limit * ($page - 1);  
$result = mysql_query(select * from data order by id asc LIMIT $mulai_dari,$limit) or die(mysql_error());

// Tampilkan data dari Database
while ($tampilkan = mysql_fetch_array($result)) { // Kode Menampilkan Data Disini }


sedangkan untuk membuat paginasinya, kita perlu menambahkan code brikut setelah tag penutup table 
<?php 
//membuat pagination 
echo "</br><center>"; 
$banyakHalaman = ceil($banyakData / $limit);  
echo 'Halaman : ';  
for($i = 1; $i <= $banyakHalaman; $i++){  
if($page != $i){  
echo '[<a href="?data='.$i.'">'.$i.'</a>]';
}else{  
echo "[$i] ";  
}  
}
echo "</center>";  
?>

Setelah semua proses diatas dilakukan seharusnya akan muncul sebuah link paginasi dibawah data yang ditampilkan di tabel. anda dapat memodifikasi link paginasi tersebut dengan memanfaatkan CSS. jika anda membutuhkan source code lengkap anda dapat mendownloadnya disini.
source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
Anonymous
11 August 2015 at 14:25 delete

Terima ksh byk....

Reply
avatar

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.