Download Tutorial Codeigniter Untuk Pemula

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
Framework merupakan sekumpulan class, fungsi dan aturan-aturan. Hal ini berbeda dengan library yang biasanya hanya untuk tujuan tertentu saja. Framework sifatnya menyeluruh. Mengatur bagaimana kita membangun sebuah aplikasi agar lebih cepat karena kita hanya akan difokuskan pada logika dari penyelesaian masalah sedangkan hal-hal yang berhubungan dengan form validasi, koneksi database umumnya telah disediakan oleh framework.

Saat ini ada banyak framework PHP yang dapat kita gunakan dalam membangun aplikasi (berbasis website) semisal Codeigniter, Laravel, Symfony CakePHP, YII dan masih banyak yang lain. Framework umumnya menggunakan metode pemrograman berorientasi objek sehingga pengetahuan tentang pemrograman objek haruslah kita ketahui sebelum mempelajari framework.

Biasanya framework menggunakan metode pengembangan aplikasi dengan memisah antara View (Tampilan), Logika (Controller), dan Model (hal-hal yang berhubungan dengan database) disebut juga dengan metode MVC. Hal ini membuat pengembangan aplikasi menjadi lebih mudah dan terstruktur. konsep seperti ini juga kerap digunakan dalam team work (kerja tim) sehingga masing-masing job menjadi jelas : Desainer web cukup mengurusi View, Programmer Web berurusan dengan Controller dan database administrator akan bertanggung jawab atas Model.

Sebagai seorang web developer, kita dianalogikan sebagai seorang tukang bangunan dan framework adalah bahan materialnya. Jadi kita tidak perlu report mencari material yang diperlukan karena framework sudah menyediakan semuanya. tugas kita hanya mengimplementasikan saja.

Salah satu framework yang cukup terkenal dan menerapkan metode MVC adalah Codeigniter. Codiegniter dikembangkan oleh tim EllisLab yang dimotori oleh Rick Ellis. Framework ini tergolong cukup mudah untuk digunakan bila dibangingkan dengan yang lain seperti symfony atau Zend Framework. Buat anda yang ingin mempelajari Codeigniter atau yang akrab juga disebut CI, anda dapat mendownloadnya tutorialnya disini
source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.