Download Tutorial PHP dan Ajax Untuk Pemula

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
AJAX merupakan singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Jangan kaget! karena Ajax bukan bahasa pemrograman baru. AJAX terdiri dari beberapa element seperti JavaScript, HTML, DHTML dan DOM yang selanjutnya digabungkan dengan bahasa pemrograman disisi server semisal ASP dan PHP sehingga terbentuklah sebuah aplikasi website yang dinamis dan interaktif.

AJAX memungkinkan Javascript berkomunikasi dengan Script server side dengan menggunakan objek XMLHttpRequest (Komunikasi antara client side scripting dan server side scripting) sehingga ajax mampu melakukan proses dari PHP tanpa harus mereload halaman website alias refresh. Maka bisa dipastikan aplikasi yang dibangun dengan ajax menjadi lebih ringan karena untuk pemrosesan (semisal input, update dan delete data) tidak harus menunggu respon dari server terlebih dahulu (Asynchronous). Objek XMLHttpRequest lah yang bertanggung jawab mengurus itu. mantap bukan ? :)

Untuk menggunakan AJAX terlebih dahulu kita harus mendefinisikan sebuah objek dari XMLHttpRequest contohnya seperti script berikut
<script language="javascript" type="text/javascript"> 
var xmlHttp = new XMLHttpRequest(); 
</script>
Objek tersebutlah yang akan berkomunikasi dengan script server side (PHP). Berikut adalah contoh gambar cara kerja AJAX.
Download Tutorial PHP dan Ajax Untuk Pemula

Tunggu apalagi gan. yuk belajar ajax bareng-bareng. Tutorial tentang PHP dan Ajax dapat anda download disini. Selamat belajar. :)
source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.