Download Tutorial PHP Untuk Pemula

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
PHP adalah singkatan dari Hypertext Processor yang merupakan salah satu bahasa server side scripting. PHP sendiri merupakan perangkat lunak yang bersandar dibawah PHP Lisensi. PHP bisa dijalankan dihampir semua server website ataupun dengan cara shell mandiri atau yang akrab juga disebut PHP CLI (Command Line Interface).

Awalnya PHP dibuat oleh Rasmud Lerdorf pada tahun 1995 dan mengacu pada singkatan Personal Home Page yang selanjutnya dikembangkan oleh komunitas PHP dan bersifat kode sumber terbuka (Open Source) yang artinya bebas digunakan dan dikembangkan.

PHP adalah bahasa script yang disisipkan atau ditanamkan didalam tag html kemudian web serverlah yang bertugas menterjemah script tersebut hingga dapat ditampilkan dan dinikmati oleh user. selain itu PHP juga dapat ditulis murni (tanpa tag html).

Rasmus mengeluarkan Personal Home Page Tools versi 1 secara gratis pada tahun 1995 (umur saya baru 5 tahun.. haha). Isinya adalah sekumpulan script perl yang dapat menjadikan website menjadi dinamis. Kemudian pada tahun 1996 PHP versi 2 yang dikeluarkannya dan telah mampu mengakses database. lalu pada tanggal 1 Juni 1998 Rasmus merilis PHP versi 3 bersama Timnya. dan pada tanggal 22 Mei 2000 dirilis PHP 4 yang didukung oleh Zend Engines 1.0.

PHP5 dirilis pada tahun 2004 dan memiliki beberapa fitur seperti Object Oriented Programming alias pemrograman berorietasi objek serta PHP Data Objek.

Itulah sedikit pengatar dari saya tentang PHP dan berikut saya sharing Tutorial PHP untuk pemula (benar-benar pemula) yang ditulias oleh Tim PHP Indonesia. Tutorial PHP ini dibagikan secara gratis yang dapat anda download disini. Selamat belajar PHP. :) 
source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.