Gunung Rinjani Lombok Surganya Para Pendaki

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
Rinjani adalah salah satu gunung di Indonesia yang berlokasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat tepatnya di Pulau Lombok. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu (Lombok Utara, Lombok Timur dan Lombok Tengah). Rinjani termasuk dalam kategori gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerintji dengan ketiggian 3726 MDPL (Meter diatas pemukaan laut). Gunung Rinjani merupakan Gunung Favorit Para pendaki karena keindahan pemandangannya. Rinjani merupakan bagian dari Wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas 41.330 ha.

Gunung Rinjani Lombok Surganya Para Pendaki

Gunung Rinjani merupakan gunung yang memiliki panorama paling bagus diantara gunung-gunung yang ada di Indonesia maka tak heran jika setiap tahunnya (Biasanya Bulan Juni-Agustus) banyak dikunjungi oleh komunitas pecinta alam, pendaki gunung mulai dari Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA), Masyarakat Lokal bahkan Wisatawan Mancanegara.

Danau Segara Anak yang terletak pada ketinggian 2000 MDPL digunung ini juga menjadi tempat favorit selain mendaki puncak Rinjani. Namun biasanya Segara Anak menjadi tujuan terakhir untuk melepas lelah setelah mendaki puncak. 

Jalur Resmi Pendakian Gunung Rinjani

1. Jalur Pendakian Sembalun
Sebagian Besar para pendaki memulai pendakian dari Jalur Sembalun ini (Lombok Timur) dan mengakhiri pendakian melewati jalur senaru (Lombok Utara). Rute Pendakian Sembalun ini cukup panjang tapi datar serta cuaca yang cukup panas karena melewati padang Savana. Jika anda hendak menuju Puncak rinjani maka Jalur ini adalah Rute terbaik karena bisa menghemat pendakian 700 m menuju puncak. Berikut adalah Rute Jalur Pendakian Sembalun Menurut Pengalaman pribadi kami.

Gunung Rinjani Lombok Surganya Para Pendaki

  1. Mataram - Sembalun Lawang (4-5 Jam / Kendaraan Umum)
  2. Sembalun Lawang - Plawangan (7-8 Jam / Jalan Kaki)
  3. Plawangan - Puncak Rinjani (4-5 Jam / Jalan Kaki) 
  4. Plawangan - Danau Segara Anak (2-3 Jam / Jalan Kaki)
2. Jalur Pendakian Senaru
Jalur Pendakian Senaru biasanya yang banyak digunakan oleh para pendaki yang hanya bertujuan ke Danau Segara Anak (Tidak ke Puncak). Rute Pendakian Senaru ini melewati tanjakan yang tiada henti (bisa dikatakan tanpa bonus) tapi sepanjang jalur cukup teduh karena melewati hutan. Penduduk Suku sasack memiliki tradisi pendakian melalui jalur ini untuk berendam di pemandian air panas yang terletak di Danau segara anak. Berikut adalah Rute jalur pendakian Senaru Menurut Pengalaman pribadi kami.

Gunung Rinjani Lombok Surganya Para Pendaki

  1. Mataram - Senaru / Lombok Utara (3-4 Jam / Kendaraan Umum)
  2. Senaru - Danau Segara Anak (9-10 Jam / Jalan Kaki)
  3. Danau Segara Anak - Plawangan Sembalun (3-4 Jam / Jalan Kaki)
  4. Plawangan Semablun - Puncak Rinjani (4-5 Jam / Jalan Kaki)
3. Jalur Pendakian Torean
Jalur Torean adalah rute yang biasanya digunakan oleh Komunitas Pencinta Alam (KPA) dan Masyarakat Lokal. Jalur ini tergolong yang paling cepat bila dibandingkan dengan Jalur lain (Sembalun dan Senaru). Pendakian Rute Torean akan melewati Ladang Penduduk, Hutan dan Sedikit Padang Savana. Namun sebaiknya anda tidak memilih jalur ini karena juga akan melewati tebing-tebing yang sangat curam. Itu sebabnya Jalur ini jarang digunakan oleh pendaki. Berikut adalah jalur pendakian Torean berdasarkan Pengalaman pribadi kami.

Gunung Rinjani Lombok Surganya Para Pendaki

  1. Mataram - Torean / Lombok Utara (4-4,5 Jam / Kendaraan Umum)
  2. Torean - Danau Segara Anak (6-7 Jam / Jalan Kaki)
  3. Danau Segara Anak - Plawangan Sembalun (3-4 Jam / Jalan Kaki)
  4. Plawangan Semablun - Puncak Rinjani (4-5 Jam / Jalan Kaki)
source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
15 July 2015 at 10:24 delete

well thank you so much already explained about mountain climbing rinjani trek

Reply
avatar

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.