Mengatur URL Halaman Website dengan htaccess

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
Sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana teknik pagging di php yaitu teknik bagaimana mengatur halaman website yang akan ditampilkan. Teknik semacam ini banyak digunakan dalam membangun website dinamis untuk meminimalisir pengetikan code utamanya pada halaman yang memiliki hanya satu template jika anda belum membacanya silahkan lihat disini karena ini merupakan lanjutannya tentang bagaimana mengatur URLnya agar menjadi Clean URL.

Saya anggap anda sudah paham bagaimana menggunakan teknik pagging di PHP. Defaultnya, URL yang dihasilkan oleh teknik pagging tersebut akan menjadi http://localhost/folder/index.php?hal=home atau mungkin seperti ini http://localhost/folder/?page=artikel URL semacam ini disebut dengan URL dinamis. Sebenarnya tidak ada masalah dengan hal itu namun kabarnya mesin pencari seperti google kurang bersahabat dengan URL semacam itu. selain itu, jika anda kurang memberikan pengamanan pada URL semacam itu bisa jadi akan menjadi sebuah celah keamanan.

Membuat URL dinamis menjadi Clean URL dengan htaccess

Untuk membuat URL dinamis menjadi Clean URL sebenarnya tidak begitu susah. Tidak ada perubahan drastis pada penulisan code namun kita memerlukan sebuah file terpisah yang dikenal dengan nama htaccess serta sedikit perubahan code pada menu. Nantinya hasil akan kita peroleh menjadi http://localhost/folder/home atau http://localhost/folder/artikel

1. Merubah Menu
Jika anda menggunakan contoh yang ada pada projek sebelumnya maka tugas anda hanya mengganti menu tersebut sehingga menjadi seperti berikut. Dengan melihat source code sederhana dibawah ini saya yakin anda sudah bisa melihat perbedaannya dengan code menu sebelumnya.
<div class="menu">
<?php $nama_folder = "http://localhost/nama_folder"; ?>
<ul id="menu">
 <li><a href="<?php echo $nama_folder?>/satu">Menu Satu</a></li>
 <li><a href="<?php echo $nama_folder?>/dua">Menu Dua</a></li>
 <li><a href="<?php echo $nama_folder?>/tiga">Menu Tiga</a></li>
</div>
2. Membuat File htaccess 
Selanjutnya buat sebuah file dengan nama .htaccess kemudian isi dengan script berikut. Perhatikan bahwa ganti nama_folder sesuai dengan nama folder projek anda.
RewriteEngine On
RewriteBase /nama_folder
RewriteRule ^/?([^/]+)/?$ index.php?page=$1 [QSA,L]
Jika anda membutuhkan contoh source code lengkap silahkan download disini.
source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.