Sekilas Tentang Linux Ubuntu

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
Ubuntu adalah sebuah projek open source dan merupakan salah satu distro linux berbasis Debian. Kata Ubuntu berasal dari sebuah kata Afrika kuno yang berarti “Kemanusiaan Kepada Orang Lain”. Ubuntu adalah salah satu sistem operasi turunan Unix dan merupakan Distro Linux yang cukup terkenal. Ubuntu saat ini dikembangkan oleh Canonical Ltd dan dibiayai oleh seorang pengusaha kaya asal Afrika Mark Shuttleworth.

Sekilas Tentang Linux Ubuntu

Ubuntu menggunakan format dan manajemen paket Debian (APT dan Synaptic). Dengan mengusung sistem operasi yang open source, Ubuntu telah merilis berbagai produk yang dapat dinikmati secara bebas. Selain versi Desktop dan server, Sejak tanggal 31 Oktober 2011 Ubuntu juga telah dapat dinikmati pada smart phone, smart TV dan tablet.

Ubuntu terdiri dari banyak paket yang kebanyakan merupakan paket-paket aplikasi yang berada dibawah lisensi Perangkat lunak bebas dimana ubuntu sendiri bersandar dibawah lisensi GNU General Public License. Versi Ubuntu akan dirilis setiap 6 bulan sekali dengan pemberian code nama yang berbeda-beda pada setiap versinya meski begitu ubuntu juga merilis versi long term support (LTS) yang akan diperbarui setiap 3 tahun sekali untuk versi desktop dan 5 tahun sekali untuk versi server.

Pertama kali dirilis pada tanggal 20 Oktober 2004 adalah ubuntu warty warthog (Ubuntu Versi 4.10). Saat postingan ini ditulis ubuntu telah merilis versi ke 14 dengan nama code Trusty Tahr. 


Untuk lingkungan kerja Desktop ubuntu memiliki beberapa variasi yang dapat kita gunakan seperti Unity, XFCE, KDE dan LXDE meski demikian Tampilan Desktop GNOME merupakan standar yang digunakan oleh ubuntu. Selain itu Ubuntu sudah banyak dikembangkan dan memiliki banyak variasi seperti berikut 

1. Kubuntu : Menggunakan Tampilan KDE Plasma. Ubuntu Jenis ini akan membutuhkan spesifikasi perangkat yang lebih dari ubuntu standar

2. Lubuntu : Menggunakan Tampilan XFCE Desktop

3. Xubuntu : Menggunakan Tampilan LXDE Desktop.

4. Edubuntu : Sebuah projek gabungan antara GNOME dan Ubuntu untuk menghasilkan sistem operasi untuk sekolah dan rumahan.

5. MythBuntu : Sebuah distribusi yang ditujukan untuk membuat theater rumah dengan MythTV 

6. BlackBuntu : Distribusi ubuntu yang dikhususkan untuk melakukan penetrasi seperti Linux Backtrak
source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.