Tips Trik Java dengan Netbeans Bagian I

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
Jika membuat program dengan java biasanya saya menggunakan Tools visual seperti Netbeans dan Eclipse karena dengan IDE ini kita bisa dimanjakan dengan fitur yang dimilikinya seperti Fitur Autocomplite sehingga kita tidak capek untuk ngetik coding. Untuk netbeans sendiri memiliki dua lisensi yaitu free dan pro. Dalam hal ini kita dapat memanfaatkan versi free untuk proses pembelajaran.

Jangan samakan Java dengan Netbeans sebab tentu hal ini sangat jauh berbeda. Kebanyakan pemula menganggap java adalah Netbeans dan itu salah besar. java adalah bahasa pemrograman dan netbeans hanya IDE/Editor karena netbeans juga dapat digunakan untuk PHP. Jangan salah paham lagi ya. Berikut saya sharing beberapa Trik java jika anda menggunakan Editor Netbeans.

Beberapa Trik Java dengan Menggunakan Editor Netbeans

1. Trik Pertama adalah bagiama Membuat Tampilan Jframe ditengah karena Defaultnya, Aplikasi yang dibangun dengan Java jika dijalankan formnya akan berada di pojok atas screen monitor. Namun Hal ini dapat kita ubah sesuai kehendak yang kita mau dengan beberapa baris code seperti berikut (Letakan didalam Constructor Frame). Coba Jalankan Form anda maka secara otomatis akan berada di tengah layar monitor.
setLocationRelativeTo(getRootPane());
2.Trik yang kedua adalah Membuat Jendela JFrame otomatis FullScreen jika dijalankan. Silahkan tambahkan baris code berikut jangan lupa Import Package Toolkit terlabih dahulu seperti contoh script berikut
// Import Package Toolkit
import java.awt.Toolkit;

// Letakan didalam Constructor
Toolkit tolkit = Toolkit.getDefaultToolkit();  
int lebarSize = ((int) tolkit.getScreenSize().getWidth());  
int panjangSize = ((int) tolkit.getScreenSize().getHeight());  
this.setSize(lebarSize,panjangSize); 
3. Trik Yang terakhir adalah Merubah Icon Java yang ada di JFrame. Defaultnya Icon ini adalah logo cangkir yang merupakan lambang java. Berikut adalah cara merubah Icon java dengan yang kita inginkan.
- Tambahkan Sebuah Package baru didalam SRC lalu tambahkan sebuah gambar icon didalamnya seperti gambar berikut

Tips Trik Java dengan Netbeans Bagian I

- Berikutnya adalah Tambahkan Beberapa Baris Coding didalam JFrame seperti contoh berikut
// Import Package Image Icon
import javax.swing.ImageIcon;

// Letakan didalam Constructor
ImageIcon icon = new ImageIcon ( Toolkit.getDefaultToolkit().getImage(getClass().getResource("/icon/icon.gif")));
this.setIconImage(icon.getImage());
source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.