Cara Mudah Sharing Koneksi Internet dari Wifi

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
Berikut saya akan berbagi cara sharing koneksi internet melalui Wifi dengan teknologi Hosted Network. Saya membuat sebuah program kecil yang dapat membuat sebuah virtual access point dengan memanfaatkan kartu jaringan wireles pada laptop. Program kecil ini akan memanjakan anda karena tidak perlu repot mengetikan perintah untuk membuat hostednetwork. Mudah dan sederhana karena hanya bermain klik (Hosted Network GUI). Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk sharing koneksi Modem GSM (XL, Axis, Telkomsel). Jadi mungkin tidak berlebihan jika asumsi saya mengatakan program ini sekelas Connectify. Hahaha :p

Pertama, Silahkan Download Programnya disini. Setelah Download Silahkan install dan Jalankan. Program ini saya beri nama Cantha Hosted Network. Baiklah, mari kita coba melakukan sedikit settingan untuk membuat Hotspot pada laptop sebagai jembatan untuk sharing koneksi wireles. Saya asumsikan bahwa laptop anda sudah terhubung ke internet melalui jaringan Wifi atau modem. Contoh gambarnya seperti di bawah ini. Jadi, Koneksi internet yang ada di laptop akan kita sharing ke perangkat lain seperti smartphoe, laptop dll.

Hosted Network Made Easy

Cara Sharing Koneksi Internet Wireles (Wifi) / Membuat Hotspot dengan Laptop 

1. Jalankan Program yang sudah anda install dan download. kemudian masuk ke tab Check Driver & Status. Klik Button Check Driver. Pastikan hasil yang keluar adalah Yes. Jika tidak, anda perlu melakukan beberapa tahap settingan lagi yaitu mengupdate driver.

Hosted Network Made Easy

2. Selanjutnya adalah membuat sebuah SSID (nama access point virtual). nantinya Client akan dapat melakukan koneksi melalui SSID ini. Masuk ke tab Setting SSID. Beri Nama dan Password SSID anda kemudian Save Configuration (Jangan Lupa centang Mode Allow) seperti gambar dibawah ini.

Hosted Network Made Easy

Sampai disini kita telah berhasil membuat sebuah Virtual Network Adapter. Secara Default, Jika anda menggunakan Windows 7, Nama Virtual Adapternya adalah Wireless Network Connection 2. Namun jika anda menggunakan Windows 8, biasanya nama Virtual adapternya adalah Wi-Fi-2.

3. Masih di Tab Setting SSID, Settingan selanjutnya adalah Klik Tombol Connection Sharing. Pada step ini akan dilakukan Sharing koneksi (Connection Sharing) ke Perangkat Virtual yang telah kita buat (Hosted Network).

Pada Public Connection Pilih Wireless Network Connection / Wi-Fi / Profile Modem USB Stick (Perangkat yang terhubung ke internet) Sedangkan Pada Private Connection Pilih Wireless Network Connection 2 / Wi-Fi-2 (Virtual Network Adapter). Setelah Itu Klik tombol Enable Sharing. Perhatikan gambar di bawah ini.

Hosted Network Made Easy

Setelah Semua langkah diatas dilakukan, Masuk ke tab Hotspot lalu Jalankan Hotspot Virtual Anda dengan Mengklik Start Hotspot Pada program Cantha Hosted Network. Contohnya pada gambar dibawah ini.

Hosted Network Made Easy

Itulah sedikit ilmu yang dapat saya berikan tentang cara membuat Hotspot sendiri menggunakan Laptop. Hotspot tersebut dapat digunakan oleh perangkat-perangkat yang memiliki fitur wifi termasuk Laptop, Smaftphone dan semacamnya. Gambar di bawah adalah contoh hotspot yang telah saya buat dengan nama SSID CANTHA_PRATALA.

Hosted Network Made Easy

Gambar dibawah ini adalah contoh client yang berhasil melakukan Masuk ke koneksi SSID yang telah dibuat dan dijalankan.

Hosted Network Made Easy

Sudah di Ujicoba di Windows 7 dan 8 (Laptop Toshiba Satellite L510, Toshiba L645 dan Asus X450C). Jika anda kesulitan silahkan buka panduannya melalui Cara Setting di Tab Setting SSID Semoga Bermanfaat. Selamat Berkreasi. Hosted Network Made Easy. :)
source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

comments
1 November 2014 at 23:55 delete

Udah ane download gan, saya coba dulu :D

Reply
avatar
Anonymous
26 November 2014 at 22:44 delete

can you please translate this to english?
also, how can we set security settings like wep, wep2..etc?
where is bytes sent received ,speed status?
can you please add this?
still, 5/5 stars for your genious work.soft is really excellent.

Reply
avatar
16 December 2014 at 13:46 delete

kok hp ane kagak bisa connect ya?

Reply
avatar
Anonymous
16 February 2015 at 17:20 delete

kok hp ga bisa connect ya. tulisannya "obtaining ip address trus"

Reply
avatar
20 October 2015 at 22:30 delete

mas.. toshiba satelite l510 saya tidak support sharing internet via wifi..

apa masnya ada driver yang cocok buat sharing internet via wifi?

Reply
avatar

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.