Alternatif User Manager (userman) Mikrotik

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
User Manager atau yang lebih dikenal dengan nama userman adalah package Mikrotik yang digunakan untuk melakukan manajemen user hotspot. Package ini memiliki fitur yang sangat diperlukan dalam manajemen pengguna hotspot termasuk diantaranya melakukan generate user, limit waktu, limit bandwidth dan eksport voucher. ketiga fasilitas ini yang banyak dimanfaatkan oleh pengguna.

Namun demikian, saat ini ada beberapa seri RouterBoard baru yang tidak support userman. Biasanya seri RouterBoard ini dibandrol dengan harga yang relatif murah dan tentu saja dengan fitur yang minim (termasuk tidak support userman karena memory kecil). Hal ini tentu saja menjadi masalah tersendiri mengingat peran penting sebuah aplikasi userman dalam memudahkan manajemen user hotspot.

The Userman adalah alternative yang dapat digunakan untuk melakukan manajemen user hotspot Mikrotik. Aplikasi ini tergolong mudah digunakan karena tidak memerlukan instalasi dan konfigurasi yang menyulitkan. Selain itu, aplikasi ini berbasis desktop yang dapat dijalankan dengan sekali klik. memang sih, fitur yang disediakan oleh the userman tidak sekomplek userman aslinya namun setidaknya telah mewakili beberapa fitur yang sering dimanfaatkan user diantaranya

- Generate user dan password secara massal dan acak (random);
- User dapat dikelompokan menggunakan group limit bandwidth (user profile);
- Tambah user : untuk user yang tidak memiliki limit waktu;
- Eksport daftar user ke file Excel (*.xls);
- Eksport daftar user ke file pdf (*.pdf);
- Eksport voucher user ke file pdf (*.pdf) : agar proses pendistribusian menjadi lebih mudah;
- User yang telah mencapai limit waktu ditandai dengan baris berwarna merah;
- Clear counter : agar user yang mencapai limit waktu dapat login kembali;
- Menampilkan daftar user yang sedang aktif;
- Hapus user dan eksport user dapat dilakukan berdasarkan group limit bandwidth;
- Support semua seri mikrotik yang mendukung API atau API-SSL.

Aplikasi the userman ini dapat menjadi pilihan untuk seri router board yang tidak support usermanager (userman) seperti RB941-2nD-TC (hAP-Lite2) dan sejenisnya. berikut adalah screenshot tampilannya jika tertarik menggunakannya. Jika anda ingin mencobanya silahkan download disini.

Halaman Login

Gambar diatas adalah halaman yang pertama kali muncul saat menjalankan aplikasi The Userman. ini adalah semacam autentikasi kepada pengguna untuk memastikan bahwa mereka memiliki akses ke perangkat Router. pada halaman ini diperlukan informasi IP Address, username dan password.

Halaman Utama

Gambar diatas adalah halaman utama antarmuka aplikasi the userman. pada jendela tersebut terdapat beberapa menu yang dapat diakses. pada bagian bawah halaman terdapat informasi IP Address, User Login dan Versi Router yang digunakan.

Antarmuka Daftar user hotspot

Gambar diatas adalah halaman antarmuka daftar (list) user hotspot. Adapun baris yang berwarna merah adalah user yang telah mencapai batas limitasi waktu. pada halamah ini terdapat beberapa tombol untuk menambahkan, generate, edit dan hapus user. 

Antarmuka Tambah User Hotspot

Gambar diatas adalah antarmuka aplikasi untuk menambahkan user hotspot. fasilitas ini berguna untuk menambahkan user hotspot tanpa ada batasan waktu penggunaan. 

Antarmuka generate user hotspot

Gambar diatas adalah antarmuka aplikasi untuk melakukan generate user hotspot. pengguna dapat menambahkan user hotspot secara massal. User dan password akan dibuat secara acak (random) oleh aplikasi. 

Daftar User Hotspot yang sedang aktif

Gambar diatas adalah halaman aplikasi yang menampilkan daftar (list) user hotspot yang sedang aktif. terdapat fasilitas untuk mereload daftar melalui tombol refresh.

Antarmuka Daftar Group Limit Bandwidth

Gambar diatas adalah jendela aplikasi yang menampilkan daftar (list) group limit bandwidth. pada winbox, grup ini bernama profile. Fasilitasi ini dapat digunakan untuk mengelompokan user hotspot dan memberikan limitasi bandwidth pada setiap kelompok user. terdapat tombol untuk menambah, mengedit dan menghapus group limit bandwidth ini.

Antarmuka Tambah Group Limit Bandwidth

Gambar diatas adalah tampilan aplikasi yang berfungsi untuk menambahkan group limit bandwidth. 

Hapus User Berdasarkan Group Limit Bandwidth

Gambar diatas adalah fasilitas pada aplikasi yang berfungsi untuk menghapus user hotspot berdasarkan group limit bandwidth. 

Hasil Eksport Excel User Hotspot

Gambar diatas adalah hasil eksport aplikasi menjadi file excel (*.xls)

Hasil Eksport User Hotspot

Gambar diatas adalah hasil eksport aplikasi kedalam file pdf (*.pdf)

Hasil Eksport Voucher

Gambar diatas adalah hasil eksport voucher user. faslitas ini ditambahkan karena dirasa sangat bermanfaat dalam proses pendistribusian user hotspot. hasil eksport adalah file pdf (*.pdf). Eksport user juga dapat dilakukan berdasarkan group limit bandwidth. 

Info Aplikasi

Gambar diatas adalah informasi aplikasi.

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.