Contoh Aplikasi Penjualan Sederhana Konsep MVC di Java

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
MVC adalah teknik pemrograman yang memisahkan logika penanganan tampilan (view), logika pemrosesan data (controller) dan logika model (model). MVC merupakan singkatan dari Model View Controller. MVC bertujuan agar struktur kode aplikasi yang dibangun menjadi mudah dibaca dan dikembangkan. MVC biasanya diterapkan dalam pengembangan aplikasi skala besar yang dilakukan secara berkelompok.

MVC sejatinya hanya sebuah teknik dalam membuat aplikasi dan menulis kode program agar lebih mudah dipahami. Tentu saja kita dapat memilih untuk tidak menggunakannya, Misalnya untuk aplikasi skala kecil atau jika pengembangan aplikasi tidak melibatkan orang lain.

MVC adalah Design Pattern. Artinya, MVC merupakan sebuah kerangka umum yang digunakan oleh programmer seluruh dunia dalam mengembangkan aplikasi. MVC dibuat karena logika setiap orang berbeda-beda dalam menulis struktur kode sehingga dengan teknik MVC akan lebih mudah dipahami karena akan mengacu kedalam aturan-aturan yang telah ditentukan. Alhasil, Jika anda mengembangkan aplikasi dan menulis kodenya menggunakan teknik MVC maka programmer lain tidak akan kesulitan membaca source code yang anda tulis.

Pada postingan ini saya akan berbagi sebuah source code projek aplikasi sederhana. Dengan projek ini anda akan belajar beberapa hal diataranya.

Contoh Aplikasi Penjualan Sederhana Konsep MVC di Java


1. Penerapan Konsep MVC;

2. Teknik Autentikasi dalam proses Login. Hal ini penting untuk memastikan pengguna aplikasi adalah orang yang benar-benar memiliki hak akses;

3. Membuat laporan menggunakan Ireport dan memanggilnya melalui JButton; Jika belum paham silahkan baca disini;

4. Menggunakan 8 Tabel Database.

Aplikasi ini masih sangat sederhana dan ditujukan untuk pembelajaran dalam memahami konsep Model View dan Controller dalam bahasa pemrograman Java. Silahkan download projeknya disini.
source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.