Membuat Pembulatan Uang Menggunakan PHP

source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>
Dalam mengembangkan aplikasi, seringkali kita dihadapkan pada persoalan sederhan namun cukup menyita perhatian. persoalan-persoalan memang terkadang menjadi bumbu tersendiri dalam mengembangkan aplikasi. sebut saja kita sudah mahir melakukan proses input, update dan delete data pada database namun mengabaikan bagaimana tekni membulatkan nilai rupiah menggunakan php.

Teknik ini memang sederhana namun begitu berarti jika anda mengembangkan aplikasi yang memerlukan proses perhitungan atau transaksi keuangan.

Pada postingan ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan tentang teknik membuat pembulatan uang menggunakan bahasa pemrograman PHP. agar lebih memahami, saya berikan contoh begini :

Misal, saya bebelanja di sebuah supermarket dan seharusnya uang kembalian saya adalah
Rp. 133.155 tentu saja akan membingungkan pihak supermarket jika harus memberikan saya kembalian 5 Rupiah. lalu bagaimana solusinya? tentu saja dibulatkan. nah berikut saya berikan source code untuk membulatkan dalam bentuk ratusan. Jika source code dibawah dijalankan, outputnya adalah sebagai berikut :

Jumlah Uang : 133.155,00
Dibulatkan Menjadi : 133.200,00
Nilai Pembulatan : 45,00

<?php

function pembulatan($uang){
 $ratusan = substr($uang, -2);
 $akhir = $uang + (100-$ratusan);
 return $akhir;
}

$uang = 133155;
$jmlpembulatan = pembulatan($uang); 
$nilaipembulatan = $jmlpembulatan - $uang;

echo "</br>Jumlah Uang : ".number_format($uang, 2, ',', '.'); 
echo "</br>Dibulatkan Menjadi : ".number_format($jmlpembulatan, 2, ',', '.');
echo "</br>Nilai Pembulatan : ".number_format($nilaipembulatan, 2, ',', '.'); 
?>
source code dapat di copy dengan mengarahkan cursor ke area source code kemudian mengklik tombol dengan icon kertas putih dan <>

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

bantu kami untuk lebih baik; jika ada hal yang kurang jelas atau broken link silahkan masukan komentar anda kami akan segera menanggapi dan memperbaikinya. login ke akun gmail anda untuk menampilkan form komentar.